Tuesday, June 18, 2013

Jenis-Jenis Benang

Benang, biasanya digunakan untuk menjahit baju. Tapi untuk benang tertentu, biasanya bisa digunakan sebagai pemanis baju tersebut. Begitu juga dengan pita. Pita biasa digunakan sebagai pemanis media apa saja. Karena pada dasarnya sifat pita adalah memang sebagai pemanis.

Ada beberapa jenis benang yang biasa digunakan. Tentunya sesuai dengan kebutuhan. Yaitu seperti tsb dibawah ini : 

1. Benang Jahit

Untuk sebagian besar orang, pasti sudah mengenal benda tersebut. Hampir disetiap rumah pasti ada benang jahit. Karena benda tersebut berfungsi untuk menjahit bahan yang sobek seperti dalam keadaan darurat. Sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi ke tukang jahit untuk merapikannya. Selain itu benang jahit juga mudah didapat. Cara penggunaannya juga sangatlah mudah. Tidak perlu ada pelajaran khusus untuk menggunakan benang tersebut.



2. Benang Bordir

Bahan dan tekstur benang bordir sebenarnya tidak jauh berbeda dengan benang jahit. Benang tersebut mempunyai nama yang berbeda karena fungsi dan ukurannya. Untuk melakukan bordir, memang perlu banyak bahan benang. Seperti yang biasa anda temukan. Oleh karena itu, benang tersebut biasanya di packing dalam ukuran yang besar. Agar tidak cepat habis saat membordir bahan. Warnanya pun macam-macam. Sama seperti benang jahit. 


3. Benang Rajut

Benang rajut ini memang sedikit berbeda dengan kedua benda tersebut diatas. Karena selain volume benangnya yang lebih tebal, fungsinya pun berbeda. Biasanya benang rajut ini digunakan untuk membuat sesuatu. Seperti lukisan, pakaian, topi, sepatu, dll. Warnanya pun lebih beragam. Bahkan seperti contoh pada gambar ini, dalam satu gulungan, ada lebih dari satu warna yang berbeda-beda. Unik bukan :)

Untuk memanfaatkan benang ini, perlu ada latihan khusus. Yaitu cara merajut. Karena merajut tidaklah semudah kelihatannya. Meskipun menurut saya sendiri, merajut terlihat sangat susah. 



4. Benang Wol

Benang wool ini juga memiliki fungsi yang sama seperti benang rajut. Yaitu untuk merajut. Hanya saja tekstur nya sedikit berbeda dengan benang rajut. Benang ini lebih berbulu. Volume benangnya juga agak renggang. Namun alternatif warna yang tersedia, tidak se-unik benang rajut. Benang ini biasanya hanya ada satu warna ditiap gulungannya. Namun bisa beraneka ragam seperti benang jahit. 

Memanfaatkan benang wool juga sama seperti benang rajut. Karena memang bentuknya yang hampir sama dengan benang rajut.



5. Benang Sulam

Jenis benang ini biasanya bukan digunakan untuk menjahit baju atau menyambung bahan. Benang ini biasanya digunakan sebagai penghias bahan. Yang biasa ada pada pakaian, kerudung, taplak meja, mukena, dll. Volume benang sulam sedikit tidak lebih tebal dari benang rajut. Warnanya pun beraneka ragam. Biasanya dalam satu gulungan terdapat satu warna. Dan warnanya pun bisa bermacam-macam. Untuk memanfaatkan benang sulam ini, yaitu menyulam dengan membentuk suatu gambar, juga memerlukan keterampilan khusus. Sama seperti menggunakan benanang rajut, untuk merajut. Tapi bisa dipelajari secara otodidak, selama ada kemauan. 

Mungkin masih banyak lagi jenis benang, selain yang saya sebutkan diatas. Tapi untuk saat ini cukup saya berikan alternatif benang yang memang biasa atau banyak digunakan disekitar kita. 

Semoga memberi manfaat untuk teman-teman semua yang membacanya.


Salam hangat,

Dear Handmade :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Setiap komentar Insya Allah akan saya hargai dan beri tanggapan yang baik. Maaf, jika komen yang diberikan mengandung hal yang negatif, akan dihapus. So... be a good komentator yaaa.... :)