Wednesday, June 19, 2013

Jenis-Jenis Pita

PITA biasanya digunakan untuk mempercantik sesuatu. Warna, ukuran, motif dan bentuknya pun beraneka ragam. Bahkan pita dengan detail yang unik, bisa membuat object yang digunakan terlihat 'berkelas'. Tapi untuk kali ini saya hanya akan memberikan keterangan mengenai jenis pita yang biasa digunakan untuk menyulam. Semoga bermanfaat bagi yang ingin memulai menyulam pita. Cekidot! ^-^


1. Pita Satin


Pita satin ini adalah pita dasar dalam penggunaan sulam pita. Warna nya yang cerah, akan membuat bentuk seperti bunga, menjadi lebih cantik. Teksturnya bisa dilihat seperti gambar diatas. Mudah-mudahan tekstur bahannya dapat dimengerti yah :)


2. Pita Grosgrain


Untuk penggunaan pita grosgrain dalam sulam pita, mungkin untuk sebagian besar orang masih jarang yang menggunakannya. Tapi patut untuk dicoba, karena akan terlihat berbeda saat diaplikasikan pada sulam pita. Teksturnya seperti pada gambar diatas, bergaris dan bermakna tegas. 


3. Pita Organza


Pita organza juga banyak digunakan pada sulam pita. Teksturnya yang cantik, membuat pita ini juga banyak diaplikasikan pada object apa saja. Seperti dalam rangkaian bunga, akan lebih manis jika menggunakan pita organza, dan akan terlihat berkelas jika dibandingkan dengan kedua pita sebelumnya diatas.


4. Pita Organza Rainbow 


Untuk pita yang satu ini, sangat unik dan cantik. Harganya pun 'cantik' :) . Dan jika diaplikasikan pada sulam pita, akan terlihat lebih dramatis.  Pita organza rainbow tidak selalu mempunyai lebih dari dua warna, adapula yang terdiri dari dua warna. Jika warnanya hijau, maka dua warna hijau jika diaplikasikan pada sulam pita berbentuk daun, akan terlihat lebih dramatis. Patut dicoba!


5. Pita Chiffon/Sifon


Pita chiffon atau sifon, tekstur nya hampir mirip dengan pita organza. Hanya saja bahannya lebih lembut dan halus. Pita ini juga bisa digunakan untuk sulam pita. Namun sepengetahuan saya, pita ini tidak ada yang rainbow seperti pada pita organza. Harganya pun lebih murah dibanding pita organza. Jadi pita dengan bahan ini, bisa jadi pilihan kedua jika ingin terlihat cantik, secantik pita organza.

Nah, sekian dulu pembahasan mengenai pita yang biasa digunakan untuk sulam pita. Semoga bisa menjadi pilihan untuk berkreasi. Untuk jenis-jenis pita itu sendiri, masih banyak sekali macam-macamnya. Mungkin lain kali saya akan tambahkan pada tulisan blogger saya berikutnya. 

Terima kasih banyak sudah mengunjungi blogger ini. Semoga membawa manfaat. Aamiin.. :)


Salam hangat,


Dear Handmade :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Setiap komentar Insya Allah akan saya hargai dan beri tanggapan yang baik. Maaf, jika komen yang diberikan mengandung hal yang negatif, akan dihapus. So... be a good komentator yaaa.... :)